Jumat, 29 Oktober 2010

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, CITRA, DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP LOYALITAS


(Survei Terhadap Konsumen Tabungan Bank X di Bandung)
Oleh : Imam Kambali, Kanaidi, dan Suparno (2009)

Kondisi makro ekonomi Indonesia mulai membaik, salah satu indikatornya adalah BI Rate turun mencapai 9%. Data 2006 triwulan keempat memperlihatkan kredit baru masyarakat meningkat meski melambat dari 54% menjadi 42%. Posisi dana pihak ketiga di perbankan per November 2006 meningkat 14,56% dibandingkan tahun 2005 (InfoBank). Loyalitas nasabah makin penting untuk pertumbuhan perbankan. Customer Relationship Management pun menjadi penting agar nasabah tetap loyal. Pertumbuhan jumlah tabungan di Bank X di Bandung dari tahun 2004 ke 2005, dan 2005 ke 2006 relatif kecil dibandingkan tahun sebelumnya. Kemungkinan karena CRM belum dilaksanakan dengan baik dan citra-bank masih rendah, sehingga mempengaruhi customer trust bank.
Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh CRM, Citra, dan Customer Trust terhadap loyalitas. Lokasi Penelitian di Bank JX di Bandung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : penilaian nasabah atas pelaksanaan CRM di Bank X di Bandung; penilaian nasabah atas citra Bank X di Bandung; penilaian nasabah atas trust di Bank X di Bandung; penilaian nasabah atas loyalitas nasabah di Bank X di Bandung; pengaruh CRM dan citra bank terhadap customer trust baik simultan maupun parsial; dan pengaruh CRM, citra bank, dan customer trust terhadap loyalitas, baik simultan maupun parsial.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan desain deskriptif tentang : CRM, citra, trust, dan loyalitas nasabah, dan penelitian verifikatif untuk mengetahui pengaruh CRM, citra, dan trust terhadap loyalitas melalui pengujian hipotesis. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara : kuesioner, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menyatakan bahwa : penilaian nasabah atas CRM termasuk kategori “baik”; penilaian nasabah atas Citra (image) termasuk kategori “baik”; penilaian nasabah atas Trust (keyakinan/kepercayaan) termasuk sebagai ”bank kepercayaan” dengan kategori ”cukup-percaya”; dan penilaian nasabah atas Loyality (loyalitas) termasuk sebagai ”bank pilihan” dengan kategori ”loyal”; CRM dan Citra terbukti berpengaruh signifikan terhadap Trust baik secara parsial maupun simultan; serta CRM, Citra, dan Trust berpengaruh terhadap Loyalitas walaupun tidak signifikan (kecil pengaruhnya) baik secara parsial maupun simultan.
Sedangkan saran-saran disampaikan sebagai berikut : agar nasabah tetap puas, yakin, dan tetap loyal serta citra-bank meningkat, maka disarankan : CRM ditingkatkan (meningkatkan kemanfaatan teknologi : m-banking); senantiasa melakukan upgrading petugas front-liner (customer service training); meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petugas (customer service training); mengikutkan nasabah dalam kegiatan promosi, dan dalam kegiatan bersifat CRM dan Citra nasabah dapat diikutkan, serta dalam kegiatan bersifat CRM, Citra, dan Trust disarankan tetap terus dilakukan jika perlu ditingkatkan.
Kata Kunci : Customer Relationship Management, Citra, Trust, Loyalitas, dan Bank.

PENDAHULUAN

Kondisi persaingan perbankan semakin kompetitif. Pada saat itu iming-iming pemberian hadiah bagi konsumen tabungan (nasabah), baik nasabah baru maupun lama, lazim dilakukan oleh semua bank. Hasil penelitian pendahuluan menunjukan bahwa nasabah Bank dewasa ini pada umumnya memiliki pula rekening di bank lain, sehingga para nasabah dalam menyimpan dana akan lebih memilih bank yang memiliki keunggulan dalam melayani nasabah. Loyalitas nasabah menjadi sangat penting untuk mendukung pertumbuhan sebuah bank. Agar terjadi loyalitas, maka peranan Customer Relationship Management (CRM) dirasakan mulai penting.


Artikel/Hasil Penelitian lengkap, hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si* (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Jln. Sariasih No.54 Bandung 40151 - Indonesia
Telp (022) 2009570 atau HP. 0812 2353 284
e-mail :
kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

Related Posting :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar