Jumat, 29 Oktober 2010

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP CITRA BANK

(Survei Terhadap Nasabah Jasa Tabungan di Bank Jabar Bandung)
Penelitian Bersaing - Tahun 2008

Oleh : Kanaidi, SE., M.Si* (Peneliti, Penulis, Pelaku Bisnis, Trainer dan Dosen Management Marketing)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Customer Relationship Management (CRM) dan pengaruhnya terhadap citra bank di Bank Jabar Bandung.
Penelitian ini dilakukan terhadap 100 nasabah jasa tabungan di Bank Jabar Bandung sebagai sampel penelitian. Data primer didapat melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang validitas dan reliabilitasnya telah diuji terlebih dahulu.
Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan metode analisis jalur (path analysis) untuk menilai pengaruh pelaksanaan CRM terhadap citra bank di benak nasabah jasa tabungan di Bank Jabar Bandung.
Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan unsur-unsur CRM mempunyai pengaruh signifikan, baik secara simultan maupun secara parsial, terhadap citra bank di Bank Jabar Bandung.

Kata kunci : Customer Relationship Management (CRM), Jasa Tabungan, dan Citra Bank.



Hasil penelitian lengkap, hubungi :
kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

*Profil Lengkap, lihat (click) di sini

Related Posting :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar