Oleh: Rully Arlan Tjahyadi
Jurnal Manajemen, Vol 5, No 2 (2006)
Abstract
Relationship marketing, however defined, has received considerable attention recently. Relationship marketing has emerged as a new paradigm in the marketing’s concepts and practices. This paradigm has shifted from transactional approach to relationship-based marketing strategy. The main purpose of relationship marketing is focused on a long-term relationship with a key parties—customer, suppliers, and distributor. Today, relationship marketing concept has been a key point of firm’s business activities. In a modern business, marketer’s tasks not only meet customer want, but also treat their customer as well. Firm should understand the principles of underlying relationship marketing before. Those principles are loyalty and customer satisfaction, profitability, and customer retention. Relationship marketing is concerned with how organizations manage and improve their relationships with customer for long-term profitability. In the end of this paper, I will define important steps that marketers must do. Finally, this paper discusses about relationship marketing in building relationship with customer for long-term.
Keywords:, customer loyalty, customer satisfaction, profitability, customer retention and relationship marketing.
PENDAHULUAN
Saat ini relationship menjadi topik utama dalam aktivitas bisnis. Kebanyakan perusahaan, secara financial, bertujuan ingin mendapatkan profit yang maksimal dari hasil operasinya dengan memaksimalkan nilai sahamnya. Di sisi lain dalam pemasaran, loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan merupakan tujuan setiap perusahaan. Peningkatan kualitas atas produk serta layanan yang superior kepada pasar (konsumen) merupakan usaha untuk mewujudkan loyalitas pelanggan terhadap produk dan layanan yang diberikan. Usaha tersebut tidak terlepas dari adanya perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis, persaingan yang semakin ketat, kemajuan teknologi, serta perubahan dalam kebutuhan dan keinginan pasar, yang menuntut para pemasar untuk mengubah strategi dan taktiknya dari product-oriented menjadi market-oriented.
Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu untuk menjalin relationship jangka panjang dengan pelangganya. Relationship jangka panjang berarti pelanggan yang loyal di mana kebutuhan dan keinginannya terpuaskan. Tugas pemasar di sini adalah bagaimana untuk tetap mempertahankan pelanggannya agar tetap loyal terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
Konsep relationship marketing menjadi kunci utama dalam . . ... . . (baca_selengkapnya )
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
E:\K A N A I D I\Data\My Docu\aKEN\JOURNAL\CRM & Relationship\ MEMBANGUN HUBUNGAN JANGKA PANJANG PELANGGAN MELALUI RELATIONSHIP MARKETING_ Rully Arlan Tjahyadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar