Minggu, 18 November 2012

Pengaruh Customer Relationship Management, Citra. dan Customer Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Tabungan Bank X Cabang Tamansari Bandung



Oleh: Imam Kambali, Kanaidi & Suparno Saputra  
(Penelitian Kelompok Dosen Muda DIKTI/DIKNAS, Tahun 2009).
 
Publikasi pada : COMPETITIVE,    Volume 6  No.2, Desember 2010, hal.75-96 - ISSN : 0216-2539


ABSTRAK
Kondisi makro ekonomi Indonesia mulai membaik, salah satu indikatornya adalah BI Rate turun mencapai 9%. Data 2006 triwulan keempat memperlihatkan kredit baru masyarakat meningkat meski melambat dari 54% menjadi 42%. Posisi dana pihak ketiga di perbankan per November 2006 meningkat 14,56% dibandingkan tahun 2005 (InfoBank). Loyalitas nasabah makin penting untuk pertumbuhan perbankan. Customer Relationship Management pun menjadi penting agar nasabah tetap loyal. Pertumbuhan jumlah tabungan di Bank X  dari tahun 2004 ke 2005, dan 2005 ke 2006 relatif kecil dibandingkan tahun sebelumnya. Kemungkinan karena CRM belum dilaksanakan dengan baik dan citra-bank masih rendah, sehingga mempengaruhi customer trust bank. 
Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh CRM, Citra, dan Customer Trust terhadap loyalitas. Lokasi Penelitian di Bank X  Cabang Tamansari Bandung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : penilaian nasabah atas pelaksanaan CRM di Bank X  Cabang Tamansari Bandung; penilaian nasabah atas citra Bank X  Cabang Tamansari Bandung; penilaian nasabah atas trust di Bank X  Cabang Tamansari Bandung; penilaian nasabah atas loyalitas nasabah di Bank X  Cabang Tamansari Bandung; pengaruh CRM dan citra bank terhadap customer trust baik simultan maupun parsial; dan pengaruh CRM, citra bank, dan customer trust terhadap loyalitas, baik simultan maupun parsial.  
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan desain deskriptif tentang : CRM, citra, trust, dan loyalitas nasabah, dan penelitian verifikatif untuk mengetahui pengaruh CRM, citra, dan trust terhadap loyalitas melalui pengujian hipotesis. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara : kuesioner, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menyatakan bahwa : penilaian nasabah atas CRM termasuk kategori “baik”; penilaian nasabah atas Citra (image) termasuk kategori “baik”; penilaian nasabah atas Trust (keyakinan/kepercayaan) termasuk sebagai ”bank kepercayaan” dengan kategori ”cukup-percaya”; dan penilaian nasabah atas Loyality (loyalitas) termasuk sebagai ”bank pilihan” dengan kategori ”loyal”; CRM dan Citra terbukti berpengaruh signifikan terhadap Trust baik secara parsial maupun simultan; serta CRM, Citra, dan Trust berpengaruh terhadap Loyalitas walaupun tidak signifikan (kecil pengaruhnya) baik secara parsial maupun simultan.
Sedangkan saran-saran disampaikan sebagai berikut : agar nasabah tetap puas, yakin, dan tetap loyal serta citra-bank meningkat, maka disarankan : CRM ditingkatkan (meningkatkan kemanfaatan teknologi : m-banking); senantiasa melakukan upgrading petugas front-liner (customer service training); meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petugas (customer service training); mengikutkan nasabah dalam kegiatan promosi, dan dalam kegiatan bersifat CRM dan Citra nasabah dapat diikutkan, serta dalam kegiatan bersifat CRM, Citra, dan Trust disarankan tetap terus dilakukan jika perlu ditingkatkan.

Kata Kunci : Customer Relationship Management, Citra, Trust, Loyalitas, dan Bank.


…… (baca_selengkapnya),

hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si  (Penulis Buku, Service Quality and Motivation Trainer, Dosen Marketing Management, Praktisi Bisnis)
HP.08122353284





Tidak ada komentar:

Posting Komentar