Selasa, 27 Maret 2012

Penerapan Customer Relationship Management Dalam Upaya Menjaga Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Citi Trans)

oleh : Deasy Ratnawati, Sam PD Anantadjaja & Laura Lahindah

(Publikasi pada : Proceeding Seminar Nasional Akuntansi - Bisnis (SNAB) 2012, 27 Maret 2012, ISSN : 2252-3936)


ABSTRACT
One of the peak factor of the implementation of Customer Relationship Management (CRM) is customer loyalty. By implementing CRM programs such as Continuity Marketing, One to One Marketing, Partnering Program and Customer Value, research will be needed to see whether these programs affect the customer loyalty. By using F test, the percentage of overall CRM program that influence the effect of customer loyalty and CRM loyalty is 22%.
Keywords: Customer Relationship Management, Continuity Marketing, One to One Marketing, Partnering Program, Customer Value, Customer Loyalty.

PENDAHULUAN
Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu strategi yang mempelajari interaksi antara perusahaan dengan konsumen, klien dan prospek penjualan. Sehingga dengan CRM diharapkan terciptanya suatu informasi yang terintegrasi dan terorganisasi dalam usaha pencapaian tujuan sepert yang sudah dijabarkan dalam strategi corporate perusahaan.
Pencapaian CRM dapat memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai strategi perusahaan yang didalamnya meliputi reaksi konsumen dalam kaitannya antara departemen yang satu dengan yang lainnya. Sehingga diharapkan dengan adanya CRM perusahaan diharapkan dapat mengimplementasikan strategi yang sudah direncanakan.
Pelaksanaan CRM pada akhirnya akan menghasilkan peningkatan penjualan, peningkatan kepuasan konsumen yang tentunya membantu perusahaan dalam mengurangi biaya-biaya operasional perusahaan.
Sektor jasa merupakan salah satu sektor bisnis yang dalam dekade terakhir meningkat pesat. Di Indonesia, khususnya di beberapa kota besar, industri jasa transportasi merupakan . . . .. . . . . (baca_selengkapnya )