Rabu, 22 Juni 2011

Info : NILAI PELANGGAN & EFEKTIF CRM

Hasil riset (telah dipublis pada Jurnal ternama) mendapati bahwa konsep nilai pelanggan dapat membantu pemasar untuk menganalisis biaya akuisisi, melayani dan mempertahankan sederetan pelanggan tertentu di pasar. Melalui Customer Relationship Management (CRM) dapat melipat-gandakan transaksi dan memungkinkan bagi para pemasar untuk memperkirakan kebutuhan dan niat beli pelanggan, sehingga pelanggan dapat dilayani dengan penyediaan produk / jasa sedini mungkin sebelum mereka mulai memintanya.
Anda/Teman Anda INGIN TAHU lebih jauh tentang “PENCIPTAAN NILAI PELANGGAN SECARA EFEKTIF MELALUI CRM PADA INDUSTRI JASA”?....... Telusuri terus artikel-artikel di http://ken-crm.blogspot.com/ ini dan http://ken-value.blogspot.com
atau ....... (baca selengkapnya)

Regard

Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Jln. Sariasih No.54 BANDUNG 40151
Telp. 022 2009570 HP. 08122353284
e-mail : kana_ati@yahoo.com
=======================

Senin, 06 Juni 2011

ANALISIS PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP NILAI NASABAH DAN KEUNGGULAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH

(Studi Kasus: Pada PT Bank BRI Kantor Cabang Pekalongan)
oleh : DIDIK ISNADI - 2005

ABSTRAK
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh customer relationship marketing, nilai nasabah dan keunggulan produk terhadap kepuasan nasabah dan dampaknya kepada peningkatan loyalitas nasabah. Penggunaan variable-variabel tersebut dengan alasan hasil penelitian terdahulu, yaitu: Tax, Brown dan Chandrasekaran (1998), Mital, Ross dan Baldasare (1998), Too, Souchon dan Thirkell (2000) dan Leo YM Sin et al (2002) yang menemukan pengaruh langsung customer relationship marketing, nilai nasabah dan keunggulan produk terhadap kepuasan nasabah dan pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah. Penggunaan variabel-variabel tersebut dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pada PT. Bank BRI kantor cabang Pekalongan, yaitu tingginya tingkat kritik yang diterima PT. Bank BRI kantor cabang Pekalongan yang berdampak pada loyalitas nasabah yang rendah.
Sampel penelitian ini adalah nasabah PT. Bank BRI kantor cabang Pekalongan, sejumlah 100 orang. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa customer relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai nasabah dan keunggulan produk, nilai nasabah dan keunggulan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan loyalitas nasabah, yang merupakan penyebab terjadinya tingginya tingkat kritik yang diterima PT. Bank BRI kantor cabang Pekalongan perlu memperhatikan faktor-faktor seperti customer relationship marketing, nilai nasabah, keunggulan produk dan kepuasan nasabah, karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya loyalitas nasabah. Implikasi teoritis dan saran-saran bagi penelitian mendatang juga diuraikan pada bagian akhir dalam penelitian ini

PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Penelitian
Perusahaan-perusahaan perbankan mulai terdorong untuk lebih memperkuat basis strateginya dengan konsep-konsep seperti customer focused atau market oriented culture untuk tetap dapat mengakses pasarnya secara menguntungkan dan menjamin pertumbuhan berkelanjutan (Ferdinand, 2000). Meningkatkan kepentingan tentang kepuasan nasabah, perubahan teknologi yang cepat dan tantangan persaingan global menuntut efektifitas strategi . . . . . . . . (baca_selengkapnya )

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :

Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :